Hati-hati, 5 Daftar Penyakit Infeksi Menular Seksual Ini Harus Diwaspadai

Hati-hati, 5 Daftar Penyakit Infeksi Menular Seksual Ini Harus Diwaspadai

Penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah infeksi yang ditularkan dari satu orang ke orang lain dengan kontak seksual. Kontak biasanya melalui hubungan seks vaginal, oral, dan anal. IMS dapat disebabkan oleh virus atau bakteri.

IMS yang disebabkan oleh virus termasuk Hepatitis, Herpes, HIV, dan virus papiloma manusia (HPV). Sedangkan IMS yang disebabkan oleh bakteri seperti klamidia ,gonorea, dan sifilis.

Berikut ini adalah daftar penyakit infeksi menular seksual yang penting untuk diketahui dan diwaspadai:

1.Hepatitis B

Melansir dari mayoclinic, Hepatitis B adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Bagi sebagian orang, infeksi hepatitis B menjadi kronis, artinya berlangsung lebih dari enam bulan. Hepatitis B kronis dapat meningkatkan risiko terkena gagal hati, kanker hati atau sirosis, suatu kondisi yang merusak hati secara permanen.

Tanda dan gejala hepatitis B ditandai mulai dari yang ringan sampai berat. Gejala Hepatitis B biasanya muncul sekitar satu hingga empat bulan setelah seseorang terinfeksi. Gejala penyakit ini dapat diketahui paling cepat dua minggu setelah infeksi.

2.Klamidia

Klamidia adalah penyakit seksual menular yang disebabkan oleh bakteri. Chlamydia trachomatis, bakteri penyebab klamidia, paling sering menyebar melalui hubungan seks vaginal, oral, atau anal tanpa kondom. Cairan vagina atau air mani orang yang terinfeksi Klamidia juga dapat menularkan penyakit ini.

Selain itu, Klamidia dapat ditularkan dari orang yang terinfeksi ke orang lain melalui kontak genital, bahkan jika tidak ada hubungan seks. Gejala klamidia biasanya muncul dalam waktu 1 hingga 3 minggu setelah kontak. Jika tidak segera diobati, klamidia dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

3.HIV

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah retrovirus yang menginfeksi sel sistem kekebalan manusia terutama sel T dan makrofag positif CD4. Keduanya merupakan komponen kunci dari sistem kekebalan. HIV menghancurkan atau bahkan merusak fungsinya. 

Infeksi virus ini menyebabkan penipisan sistem kekebalan secara progresif, yang menyebabkan defisiensi imun. Sistem kekebalan tubuh yang lemah tidak mampu lagi untuk melawan infeksi dan penyakit.

Orang dengan defisiensi imun jauh lebih rentan terhadap berbagai macam infeksi dan kanker, yang sebagian besar jarang terjadi pada orang tanpa imunodefisiensi. Penyakit yang berhubungan dengan defisiensi imun yang parah dikenal sebagai infeksi oportunistik karena melemahkan sistem kekebalan tubuh.

 4.AIDS

AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) adalah penyakit seksual menular yang disebabkan oleh HIV. AIDS menggambarkan gejala dan infeksi yang terkait dengan defisiensi sistem imun. Tingkat imunodefisiensi atau munculnya infeksi tertentu digunakan sebagai indikator bahwa infeksi HIV telah berkembang menjadi AIDS.

Jika tidak diobati, orang yang terinfeksi HIV dapat mengembangkan tanda-tanda AIDS. Lamanya waktu dapat sangat bervariasi antar individu. Jangka waktu antara terinfeksi HIV sampai  menjadi AIDS bisa 10–15 tahun, terkadang lebih lama tetapi bisa juga lebih pendek.

5.HPV

Melansir dari webmd, HPV (Human Papillomavirus) adalah penyakit seksual menular. Banyak orang tidak memiliki gejala apa pun dan infeksinya mungkin bisa hilang dengan sendirinya. Namun, beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks, kanker kepala dan leher, atau kanker anus atau penis.

Ada lebih dari 150 jenis human papillomavirus dan banyak jenis tidak menimbulkan masalah. Varietas berisiko rendah biasanya sembuh tanpa intervensi apa pun dan 90% infeksi sembuh dalam dua tahun tanpa pengobatan. Menurut WHO, setidaknya ada 14 jenis HPV yang berisiko tinggi dan infeksi tersebut dapat bertahan bahkan berujung pada kanker.

HPV ditularkan melalui kontak kulit-ke-kulit. Namun, penularan HPV biasanya melalui kontak seksual seperti seks vaginal, anal atau oral. Baik pria maupun wanita sama-sama dapat tertular HPV. Seperti yang diketahui, HPV merupakan infeksi menular seksual paling umum di dunia dan dapat menular ke semua jenis kelamin.

Daftar penyakit diatas penting untuk diketahui. Karena itu, kita harus selalu berhati-hati termasuk dalam menjaga kesehatan. Jangan sampai kita tertular atau bahkan menularkan penyakit pada orang lain.

0 Response to "Hati-hati, 5 Daftar Penyakit Infeksi Menular Seksual Ini Harus Diwaspadai"

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel