Tips Mencegah Sariawan Tak Kembali Lagi

 

Tips Mencegah Sariawan Tak  Kembali Lagi


Sariawan biasanya muncul pada daerah bibir atau pun bisa juga muncul berada di dalam rongga mulut tentu saja ini sangatlah menjengkelkan sekali. Rasanya yang cukup perih  ditimbulkan oleh sariawan ini dapat sangat mengganggu sekali kita untuk melakukan aktivitas makan, minum dan juga bicara, bahkan saat kita tidur pun menjadi sangat tidak nyaman sekali saat sariawan ini menyerang.

Sariawan ini merupakan suatu lesi atau suatu luka yang kecil biasanya muncul pada daerah bibir dan juga rongga mulut. Kondisi yang satu ini bisanya muncul pada dalam bibir, pada gusi, atau pun pada lidah kalian.

Selain dengan cara mengobati sariawan ini, kita bisa juga melakukan beberapa cara untuk bisa mencegah sariawan ini datang kembali loh. Berikut ini merupakan sedikit tindakan pencegahan sariawan yang bisa kalian lakukan dirumah.

1.      Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Mulut

Hal yang pertama dalam melakukan pencegahan sariawan yang sangat paling mendasar sekali adalah dengan kalian bisa menjaga kebersihan dan juga kesehatan dari mulut kalian itu sendiri. Dalam mencegah nya kalian harus selalu membersihkan mulut dengan cara menggosok gigi kalian minimal dua kali dalam sehari yaa.

2.      Sikat Gigi yang Tepat

Biasanya sekali banyak bentuk-bentuk sikat gigi yang mungkin terlalu besar atau pun tidak sesuai dengan posture dan kontur mulut kalian loh, hal ini lah yang dapat melukai dari gusi, lidah, dan juga bagian dalam mulut kalian dan akan menyebabkan sariawan pun muncul pada bibir dan rongga mulut kalian.

Kalian wajib banget memastikan untuk bisa memilih sikat gigi yang bisa sesuai dengan postur dan kontur mulut kalian dan juga yang perlu kalian ingat adalag bulu sikat nya yang lembut agar tidak menyakiti gigi dan mulut kalian.

3.      Rutin Makan Buah dan Sayuran

Ketiga cara mencegah untuk kalian yang sangat sering mengalami sariawan ini padahal kalian sudah sangat rajin untuk membersihkan mulut dan juga gigi, mungkin bisa jad pola makan kalian yang tidak baik dan bisa menjadi salah satu penyebabnya loh. Biasnaya sariawan  ini disebabkan karena kalian kurang mengkonsumsi vitamin B-12, seng, asam folat, dan juga zat besi. Nah, kalian mulai dari sekarang, untuk cobalah rutin dalam mengonsumsi sayuran dan juga buah-buahan yang sangat tinggi kandungan vitamin B12, seng, folat, dan juga zat besi nya hanya untuk bisa mencegah timbulnya sariawan muncul kembali. Beberapa contoh buah dan sayuran yang kaya akan vitamin yang bisa kalian konsumsi adalah jeruk, asparagus, tomat, sayuran yang berdaun hijau, dan juga air kelapa.

4.      Kurangi Makan Pedas dan Asam

Makanan yang pedas memang sangat bikin nagih banget dan juga akan mampu meningkatkan nafsu makan dari seseorang. Akan tetapi, di balik dari kenikmatannya, buat kalian yang keseringan makanan pedas bisa menjadi penyebab gangguan pencernaan loh, bisa menjadi sakit tenggorokan, sampai dengan bisa menimbulkan  sariawan. Selain dengan makanan pedas, makanan yang asam juga bisa mengiritasi mulut kalian. Jadi kalian, harus pastikan tidak terlalu sering untuk makan makanan pedas dan juga asam, jika kalian tidak ingin terkena sariawan kembali.

5.      Hindari Makanan atau Minuman yang Panas

Dengan minuman yang masih sangat panas, atau pun kita konsumsi makanan yang panas mungkin akan dapat membuat lidah dan juga mulut kita menajadi melepuh, sehingga dapat memicu sariawan kembali. Jadi, kalian jangan langsung untuk memakan atau pun meminum makanan dan juga minuman yang panas. Jadi kalian harus diamkan terlebih dahulu atau pun bisa kalian tiup terlebihdulu makanan dan juga minuman yang masih panas sampai dengan sudah cukup dingin untuk kalian makan.

 

 

0 Response to "Tips Mencegah Sariawan Tak Kembali Lagi"

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel