Ini Dia Tanda Ban Mobil Bekas Harus Segera Diganti

Ini Dia Tanda Ban Mobil Bekas Harus Segera Diganti

Ban menjadi salah satu komponen paling penting yang harus ada pada mobil karena berfungsi sebagai penahan beban mobil, pengontrol arah mobil, serta menjaga kestabilan laju mobil. Atas alasan inilah tak heran jika penggunaan ban mobil menjadi perhatian khusus bagi pemilik mobil, terutama yang membeli mobil melalui kredit mobil bekas di mocil.id.

Sama halnya dengan komponen lainnya, ban mobil pun harus diganti secara rutin agar nyaman dikendarai. Selain itu, dengan mengganti ban mobil juga dapat membantu menghindari risiko ban licin dan tidak menimbulkan kecelakaan. Untuk lebih memudahkan, berikut merupakan beberapa tanda yang perlu diketahui kapan Anda harus mengganti ban mobil, di antaranya:

1.   Usia ban sudah 3 tahun lebih. Usia maksimal penggunaan ban biasanya sekitar 3 tahun. Jadi, jika ban mobil Anda sudah berusia 3 tahun maka harus segera diganti. Meskipun komponen ban masih terlihat tebal dan bagus, akan tetapi ban yang sudah berusia 3 tahun wajib untuk diganti karena sudah mulai mengeras. Dampaknya, membuat ban kurang nyaman pada saat digunakan.

2.    Jarak tempuh yang sudah lebih dari 40.000 km. Sekalipun usia ban mobil belum mencapai 3 tahun, tapi Anda tetap disarankan untuk mengganti ban tersebut jika jarak tempuh ban sudah melebihi 40.000 km. Ya, meski kelenturan ban masih terjaga, tapi ban yang sudah mencapai titik tempuh ini akan mudah aus dan nantinya malah tidak nyaman digunakan. Untuk itu, gantilah ban segera jika jarak tempuhnya lebih dari 40.000 km.

3.   Ketebalan tapak ban mencapai batas TWI. Setiap ban yang digunakan umumnya diberikan indikasi TWI. TWI ini menjadi batas keausan ban yang diizinkan untuk dipakai. Jika ban sudah menunjukkan tanda TWI, maka ada baiknya langsung ganti ban dengan yang baru. Tujuannya, supaya ban mobil tetap aman dikendarai dan tidak berisiko meningkatkan kecelakaan nantinya.

4.    Ban yang sudah gundul. Anda juga harus mengganti ban jika kondisi ban sudah mulai terlihat gundul. Hal ini dilakukan untuk menghindari agar Anda tidak terlibat kecelakaan ketika berkendara akibat ban yang sudah gundul. Sekalipun bagian yang gundul hanya di bagian tengah, ada baiknya tetap mengganti ban tersebut dengan yang baru agar tidak menimbulkan kecelakaan.

5.   Benjolan yang ada di ban. Jika Anda melihat ada benjolan di sekitar ban mobil, maka segera ganti ban tersebut dengan yang baru. Benjolan menandakan jika ada kawat penguat kontruksi ban yang sudah putus sehingga mengakibatkan ketahanan ban menjadi berkurang. Untuk itu, gantilah ban mobil bila ada benjolan di bagian terluarnya.

     Itulah tanda-tanda jika Anda harus mengganti ban dengan yang baru. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi untuk Anda dan tetap harus hati-hati ketika berkendara, ya.

0 Response to "Ini Dia Tanda Ban Mobil Bekas Harus Segera Diganti"

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel