Tanda dan Gejala Awal DBD Wajib DIketahui!


Tanda dan Gejala Awal DBD Wajib DIketahui!

Demam Berdarah Dengue yang biasanya dikenal dengan istilah DBD bisa banget untuk dikenali melalui dari tanda dan gejala yang muncul pertama kali. Sayangnya, gejala dari penyakit ini sering sekali diabaikan dan biasanya dianggap sebagai tanda dan gejala dari penyakit lain loh. Padahal, DBD ini merupakan jenis penyakit yang sangat tidak boleh banget untuk diabaikan dan harus sesegera mungkin untuk mendapatkan penanganan medis dengan cepat dan tepat. Demam berdarah ini adalah penyakit menular yang disebabkan dari virus dengue, yang biasanya dibawa oleh para nyamuk-nyamuk nakal.

Oleh karena itu gejalanya sangat sering banget disalah artikan sebagai tanda dari penyakit lain, ada banyak sekali kasus DBD ini yang berakhir sangat fatal akibat dari terlambat untuk dideteksi dan juga ditangani. Pada umumnya, gejala DBD ini akan dimulai dari sekitar empat sampai dengan sepuluh hari kemudian biasanya DBD ini ternjadi setelah mendapat gigitan dari nyamuk Aedes Aegypti dan juga Aedes Albopictus. Biasanya pada anak-anak yang sebelumnya tidak pernah sama sekali terinfeksi, maka gejala awal sakit demam berdarah yang dialami bisa saja akan dapat lebih parah dibanding dengan infeksi yang terjadi pada orang dewasa.

Berdasarkan data yang di umpun dari Organisasi Kesehatan Dunia atau (WHO), ternyata pada setiap tahunnya sekitar 400 juta orang sudah terinfeksi dengue ini dan juga sekitar 100 juta orang sudah sakit karena infeksi ini dan dari 22 ribu diantaranya sudah meninggal dunia.

Nah, satu lagi nih berdasarkan data yang berasal dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat atau (CDC),  tanda dan gejala pada orang yang sedang sakit dapat beragam mulai dari ringan hingga dengan berat. Gejala dari DBD berat merupakan suatu keadaan yang gawat darurat medis karena biasanya akan mengancam jiwa seseorang hanya dalam beberapa jam saja loh.

Nah, kalian harus mengetahu terlebih dahulu apa saja sih tanda dan gelaja dari DBD ini agar kalian bisa lebih sigap siaga terlebih dahulu dan biar bisa melakukan penangan dengan cepat dan tepat. Berikut penjelasan nya :

1.      Demam Tinggi Mendadak
Biasanya demam mungkin saja sangat sering terjadi pada awal seseorang mengalami sakit. Akan tetapi, pada penyakit DBD ini biasanya demam akan terjadi secara mendadak dan tiba-tiba banyak sekali orang-orang yang tidak tahu perbedaan dari demam yang biasa dengan demam yang disebabkan oleh DBD ini. Perbedaan yang sangat kontras sekali antara dari gejala demam berdarah dengan gejala demam yang lainnya adalah demam DBD ini bisa saja mencapai 40 derajat Celsius loh. Demam yang terjadi yang diakibatkan oleh flu dan infeksi dari virus atau bakteri biasanya disertai dengan gejala bersin atau pun batuk, sedangkan dari gejala demam pada DBD ini tidak demikian. Demam yang biasanya terjadi pada penderita DBD ini bisa terjadi selama dua sampai  dengan tujuh hari.

2.      Nyeri Otot
Selanjutnya tanda dan gejala setelah terjadinya gejala demam biasanya para pengidap DBD ini akan merasakan yang namanya nyeri pada bagian-bagian otot dan sendi-sendi. Gejala ini biasanya disertai dengan tubuh yang menggigil dan juga berkeringat.

3.      Sakit Kepala Parah
Setelah beberapa jam mengalami demam, gejala selanjutnya yang akan muncul adalah terjadinya sakit kepala yang cukup parah. Biasanya, rasa sakit ini akan terjadi di sekitar dahi. Sakit kepala yang cukup parah ini juga biasanya disertai dengan sakit pada bagian belakang mata. Hal ini merupakan dari gejala umum yang sangat sering terjadi.

4.      Mual dan Muntah
Nah, biasanya juga ada beberapa orang yang mengalami masalah pencernaan juga pada saat mengalami DBD ini seperti mual dan muntah. Selain itu juga, pada bagian perut atau pun pada punggung biasanya akan terasa tidak nyaman. Gejala ini bisa terjadi selama dua sampai dengan empat hari.

5.      Kelelahan
Yang terakhir demam disertai  dengan nyeri otot dan juga masalah pencernaan yang terjadi pada para pengidap DBD ini dapat menurunkan yang namanya nafsu makan. Hal ini tentu saja akan menyebabkan tubuh menjadi kelelahan, karena kurangnya asupan makanan dan sistem imun tubuh yang juga melemah.

0 Response to "Tanda dan Gejala Awal DBD Wajib DIketahui!"

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel