Cargo Logistik Solusi Pengiriman Anda


Cargo Logistik Solusi Pengiriman Anda

Cargo merupakan istilah dari semua barang yang akan dikirim melalui jalur udara, laut, ataupun melalui darat yang biasanya digunakan untuk proses perdagangan, baik memalalui antar wilayah maupun antar kota di dalam negeri maupun juga bisa antar manca negara yang biasanya dikenal dengan istilah ekspor-impor suatu barang. Apa pun jenisnya, semua barang yang dikiriman, kecuali untuk benda-benda pos dan bagasi para penumpang, baik yang untuk diperdagangkan maupun untuk keperluan yang lainnya dan juga dilengkapi dengan beberapa dokumen untuk pengangkutan dikategorikan sebagai barang cargo.

Ada pun beberapa pihak utama yang biasanya terkait dengan yang namanya pengiriman jasa pengiriman cargo, yaitu para pihak pengirim, pihak penerima, pihak pengangkut, pihak groundhandling dan juga pihak warehouse operator. Shipper juga bisa dari berupa perorangan, badan usaha yang dilakukan secara langsung tanpa adanya perantara, atau melalui para jasa ekspedisi pengiriman barang yang biasanya dikenal dengan istilah freightforwarder atau menggunakan ekspedisi muatan kapal laut atau menggunakan ekspedisi muatan pesawat udara.

Nah, berikut beberapa contoh dari perusahaan kelas dunia yang biasanya sudah mengklaim dirinya menerapkan konsep dari total logisticservice antara lain ada dari Fedex, TNT, DHL, UPS, dan lain-lain. Sedangkan dari carrier bisanya berupa cargosalesagent, cargosalesairline, airline atau air charter yang biasanya berfungsi sebagai pengangkut dari cargo.

Jasa pengiriman kargo ini biasanya akan mengirimkan berupa barang-barang dalam jumlah yang banyak atau besar. Biasanya barang yang dikirim ada berat minimal yang harus dcapai untuk mengirimikan barang menggunakan jasa cargo ini. Biasanya minimal dari mengirim barang adalah 10 kg atau 50 kg untuk sekali pengiriman barang. Selain itu juga untuk harga cargo biasanya jauh lebih murah loh! karena sekali pengiriman barang biasanya dalam jumlah yang besar sekaliguskan jadi lebih hemat jika kalian ingin mengirim barang dalam jumah yang sangat besar dalam sekali pengiriman. Biasanya untuk barang-barang dengan ukuran yang sangat besar pun sering kali di kirimkan melalui jasa cargo ini. 

Walaupun dengan harganya yang cukup jauh lebih murah, akan tetapi ada beberapa layanan dari ekspedisi yang tidak dimiliki oleh penyedia layanan jasa cargo seperti biasanya ada layanan untuk jemput paket sehingga kalian harus mengantarkannya sampai ke agen terdekat dari rumahmu. Selain itu juga ada beberapa cargo yang banyak menggunakan layanan dari darat dengan menggunakan truk, kereta, maupun menggunakan bis. Jika kalian sedang berencana untuk melakukan pengiriman barang dengan cargo dengan waktu estimasinya lebih lambat daru biasanya dibandingkan dengan ekspedisi yang lainnya.

Nah, agar kalian mengetahui lebih jauh lagi tentang cargo berikut merupakan jenis-jenis dari cargo itu sendiri.

Jenis-jenis Cargo


Berdasarkan dari penangananya, biasanya cargo dibagi menjadi dua golongan yang besar, yaitu ada general cargo dan juga ada special cargo. Sementara itu, berdasarkan dari cara pelayanan dan juga jenis produknya, menurut IATA AHM, cargo ini dibagi menjadi ada general cargo, special shipment ada (misalnya AVI, DG, LHO, HUM, VAL, VUN, PER, dan lain-lain, dan specialized cargo products ada (misalnya : express cargo, courier shipments, same day delivery). Adapun macam-macam jenis dari cargo sebagai berikut:

1.      General Cargo
Pertama ada eneral Cargo merupakan barang-barang yang kiriman biasa sehingga tidak perlu memerlukan penanganan yang secara khusus, namun tetap harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan aspek safety. Berikut merupakan contoh dri barang yang dikategorikan sebagai general cargo antara lain: barang-barang yang merupakan keperluan rumah tangga, peralatan kantor, peralatan olahraga, pakaian dan lain-lain.

2.      Special Cargo
Special cargo merupakan barang-barang kiriman yang memerlukan penanganan yang khusus atau special handling. Jenis-jenis barang ini pada dasarnya biasanya dapat diangkut melalui angkutan udara dan juga harus memenuhi dari persyaratan dan penanganan secara khusus sesuai dengan regulasi IATA dan atau pengangkut. Barang benda atau bahan yang termasuk dalam kategori yang pecial cargo adalah : AVI, DG, PER, PES PEM, HEA, dan lain-lain.


0 Response to "Cargo Logistik Solusi Pengiriman Anda"

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel