Cara Genset dan Komponennya Bekerja


Cara Genset dan Komponennya Bekerja

Genset adalah sebuah peralatan atau mesin yang berfungsi sebagai pemasok arus listrik dan dapat dijadikan sebagai cadangan jika terjadi pemadaman. Gangguan pada aktivitas-aktivitas bisnis, kegiatan sehari-hari dapat diselesaikan jika di tempat Anda tersedia genset. Tidak perlu membeli dengan harga yang mahal, Anda bisa memilih sewa genset untuk event dari pada membeli.

Cara Kerjanya

Genset adalah sebuah sebuah alat atau mesin yang mengubah sumber eksternal beupa energi mekanik menjadi output yang berupa energi listrik. Anda perlu memahami bahwa energi listrik tidak benar-benar dibuat oleh generator.Yang terjadi adalah sebaliknya, energi mekanik digunakan oleh genset melalui listrik eksternal untuk melakukan pergerakan gulungan kawat yang bermuatan listrik.

Genset mengubah bahan bakar menjadi energi kinetik. Selanjutnya alternator mengubah energi itu ke dalam sebuah energi listrik. Arus yang membawa muatan listrik adalah arus output listrik yang dihasilkan dari generator. Agar tetap dapat berjalan dengan baik, Anda perlu merawatnya. Jika anda tidak ingin repot, berikan kepada jasa perawatan panel listrik  pada Sewatama.

Anda dapat memahami mekanisme kerjanya dengan mengibaratkan generator menjadi sebuah analog dengan pemompa air. Induksi elektromagnetik adalah prinsip kerja yang digunakan oleh generator modern. Penemunya adalah Michael Faraday sekitar tahun 1831 hingga 1832. Faraday berhasil menemukan bahwa jika konduktor listrik dipindahkan maka akan menghasilkan adanya aliran listrik. Contohnya adalah medan magnet yang berada di lilitan kawat yang mengandung arus listrik.

Gerakan itulah yang membuat listrik atau kedua ujung konduktor kawat yang mempunyai tegangan yang berbeda. Ketika tiba gilirannya, biaya listrik dapat mengalir dan hal itu dapat membuat  arus listrik.

Komponen-Komponen yang Bekerja

Komponen utama pada genset yang bekerja serta dapat menghasilkan sebuah arus atau energi listrik adalah sebagai berikut:
1.     Frame atau main assembly.

2.     Sistem pelumas.

3.     Alternator.

4.     Battery charger

5.     Voltage regulator.

6.     Control panel.

7.     Exhaust system dan cooling.

8.     Fuel system.

9.     Mesin.

Komponen utama yang terdiri atas 9 tersebut pada genset dapat saling mendukung dan membuatnya dapat menghasilkan listrik yang sesuai terhadap kapasitasnya. Sistem tidak akan bekerja dengan baik jika satu di antara komponen-komponen di atas ada yang rusak atau mengalami gangguan. Itulah pentingnya melakukan perawatan yang baik dan sesuai dengan genset.



0 Response to "Cara Genset dan Komponennya Bekerja"

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel