Ini Arti Jika Feses Kamu Mengapung


Ini Arti Jika Feses Kamu Mengapung

Percaya atau tidak, kotoran atau feses bisa mengungkapkan keadaan kesehatan pada tubuh. Kotoran yang mengambang merupakan tanda yang paling umum untuk mengetahuinya. Perubahan pola makan, gas, dan infeksi yang ringan menjadi penyebab umum dari 'melayangnya' kotoran yang keluar.

Sebenarnya, bukan hanya itu saja yang bisa menjadi faktor feses kita mengapung. Ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa saja mempengaruhinya dan menyebabkan tinja mengapung terus-menerus.

Berikut ini kemungkinan bisa menjadi alasan di balik kotoran atau feses mengambang.


1.     Konsumsi serat
Saat mengkonsumsi makanan yang kaya serat, terutama serat yang tidak larut, bisa membuat kotoran menjadi kurang padat dan mengapung. Jadi, kotoran yang mengapung hasil dari mengkonsumsi serat sebenarnya adalah pertanda yang baik bagi kesehatan tubuh.
Dalam mengkonsumsi serat, pria dan wanita memiliki takaran yang berbeda. Wanita berusia antara 19-50 tahun harus mengkonsumsi setidaknya 25 gram per hari. Untuk pria dengan rentan usia yang sama, membutuhkan setidaknya 38 gram per harinya. Makanan yang kaya serat seperti, buah, sayur, dan biji-bijian merupakan makanan yang sehat.

2.     Gas
Gas dapat menurunkan kepadatan kotoran dan menyebabkannya mengapung. Banyak makanan yang berserat tinggi yang menghasilkan gas. Tidak hanya itu, gas juga bisa disebabkan karena cara diet yang dilakukan. Hal tersebut menjadi tanda kalau tubuhmu membutuhkan makanan dengan serat yang cukup ataupun metode diet yang lebih baik.

3.     Infeksi saluran pencernaan
Infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan karena bakteri E. coli, juga dapat menyebabkan kotoran mengapung. Infeksi ini yang menyebabkan banyaknya gas pada feses dan menurunkan kepadatannya. Beberapa infeksi saluran pencernaan ini bersifat sementara dan bisa hilang tanpa perawatan apapun. Hanya perlu minum air putih yang banyak agar tidak kekurangan cairan dan beristirahat hingga infeksinya sembuh. Jika tidak berhasil juga, segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang baik.

4.     Gangguan pencernaan
Sebagian orang mengetahui, feses yang mengambang merupakan tanda peringatan paling utama saat ada masalah pencernaan. Tetapi, saat keadaan feses yang mengambang ditandai dengan gejala lainnya seperti nyeri, diare, kembung, atau sembelit bisa jadi tanda adanya masalah pencernaan yang mendasari keadaan itu.
Pada penelitian tahun 2015, menemukan 26 persen orang dengan gangguan fungsi usus atau sindrom iritasi usus dan dipepsia fungsional, juga ditandai dengan feses yang mengambang.



5.     Malabsorbsi
Malabsorbsi adalah gangguan pada saluran pencernaan yang menyerap nutrisi dan cairan secara memadai dari makanan yang dikonsumsi. Hal ini akan mengakibatkan tinja atau feses berlemak dan akan mengapung. Istilah medis untuk keadaan ini adalah steatorrhea, yang berarti tubuh tidak cukup baik menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.
Beberapa kondisi umum yang dapat menyebabkan malabsorpsi meliputi:
- Intoleransi laktosa: Ini jenis alergi terhadap gula, yang ditemukan dalam susu dan produk susu lainnya. Orang yang menderita intoleransi laktosa dapat mengalami diare dan kembung ketika mereka mengkonsumsi produk susu.
- Gangguan usus kecil: Seperti namanya, gangguan yang mempengaruhi usus kecil dan dapat menyebabkan malabsorpsi disebut gangguan usus kecil. Orang-orang dengan gangguan ini sebagian kecil dari usus kecilnya diangkat melalui pembedahan untuk mengobatinya. Penyakit Crohn atau radang usus juga dapat mengalami malabsorpsi dan menyebabkan fesesnya mengapung.
- Penyakit hati dan empedu: Hati kita menghasilkan empedu yang membantu tubuh untuk mencerna makanan. Ketika empedu tidak diproduksi atau tidak mencapai usus, keadaan ini dapat menyebabkan tinja berlemak dan mengapung.

Segera periksakan keadaan ke dokter jika feses yang mengambang terlihat berminyak berlangsung lama, mengalami sembelit kronis atau diare, berat badan turun secara tiba-tiba, dan urine berwarna lebih gelap.




Percaya atau tidak, kotoran atau feses bisa mengungkapkan keadaan kesehatan pada tubuh. Kotoran yang mengambang merupakan tanda yang paling umum untuk mengetahuinya. Perubahan pola makan, gas, dan infeksi yang ringan menjadi penyebab umum dari 'melayangnya' kotoran yang keluar.

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.