Ingin Selalu Sehat? Jangan Lewatkan Sarapan Pagi


Ingin Selalu Sehat? Jangan Lewatkan Sarapan Pagi

Terburu-buru, mengantuk, atau pun belum lapar menjadi sebagian alasan bagi orang-orang untuk melewatkan sarapan. Terkadang sarapan juga tidak dianggap begitu penting dan banyak orang lebih memilih untuk menggabungkannya dengan makan siang saja.

Namun para pakar tidak setuju akan hak itu. Kunci dari kesehatan tubuh yang optimal adalah berawal dari sarapan yang baik dan sehat. Hal ini juga karena sarapan dapat mendorong metabolisme mu di awal hari dan akan membantu membakar kalori lebih banyak saat seharian kamu beraktivitas.
Ketika kita melewatkannya, tubuh menganggap lebih baik menyimpan kalori ketimbang membakar kalori yang masuk. Banyak studi yang juga menyebutkan bahwa meksipun mereka yang melewatkan sarapan cenderung akan memakan kalori yang lebih sedikit, mereka justru akan cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang akan lebih tinggi.

"Kami menggunakan IMT, yakni rasio berat badan dibagi dengan tinggi, sebuah hitungan mudah apakah seseorang tersebut berada di bobot yang ideal atau tidak. IMT lebih dari 25 contohnya, mengindikasikan seseorang kegemukan dan harus melakukan sesuatu untuk kembali ke berat badan idealnya," kata Christy C. Tangney, PhD, ahli gizi klinis di Rush University Medical Center.


Beberapa manfaat sehat rutin sarapan dirangkum dari berbagai studi dan riset, antara lain:

- memiliki IMT yang lebih rendah
- mengonsumsi lemak lebih sedikit dalam sehari
- memenuhi asupan rekomendasi buah dan sayuran
- memiliki asupan kalsium dan serat harian lebih tinggi
- memiliki performa yang lebih baik dalam bidang memori dan perhatian (untuk anak-anak usia sekolah)

Tangney juga menyebut bahwa kebanyakan studi ini sangat masuk akal, karena jika kita memulai dengan makanan yang mengenyangkan dan menyehatkan di pagi hari, kita akan cenderung akan mengonsumsi makanan yang tak bernutrisi nantinya alias asal ngemil.

Selain itu, jika kamu sangat sering melewatkan sarapan pagi bisa jadi akan berakibat kemungkinan besar menjadi gemuk, karena tidak akan memenuhi konsumsi buah dan sayur yang direkomendasikan, dan bisa membuat kita jadi sering ngemil makanan atau cemilan yang tidak sehat.

"Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah adanya kaitan antara melewatkan sarapan dan perilaku berisiko lainnya seperti merokok dan bereksperimen menggunakan obat-obatan dan alkohol. Sarapan itu bagai berolahraga. Jika kamu meluangkannya di pagi hari, kamu akan terlihat dan merasa luar biasa seharian," tandas Tangney.

Terburu-buru, mengantuk, atau pun belum lapar menjadi sebagian alasan bagi orang-orang untuk melewatkan sarapan. Terkadang sarapan juga tidak dianggap begitu penting dan banyak orang lebih memilih untuk menggabungkannya dengan makan siang saja.

Label: , ,

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.