Tips Agar Tak Sakit Perut Saat Mau Makan Buah Dengan Makanan Lain

Tips Agar Tak Sakit Perut Saat Mau Makan Buah Dengan Makanan Lain

Buah sudah lama dikenal sebagai asupan yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Mengonsumsi buah dengan sayur atau digabung asupan lain kerap dianggap mampu melengkapi asupan nutrisi harian.

Namun kenyataannya, tidak semua buah bisa dikonsumsi bersamaan dengan asupan lain. Menurut dokter dan konsultan kesehatan holistik Bhaswati Bhattacharya, buah justru sebaiknya dikonsumsi sendiri dalam kondisi perut kosong.

"Gula sebetulnya sulit diolah tubuh karena cenderung berat dan perlu banyak energi. Inilah yang menyebabakan buah sebaiknya dikonsumsi sendiri, tidak digabung dengan asupan lain. Buah juga mengandung cukup energi, sehingga mengonsumsinya dengan sumber protein dan karbohidrat lain akan menghilangkan manfaatnya. Risiko lain adalah muncul gangguan misal sakit perut atau merasa tidak nyaman," kata Bhattacharya.

Baca juga: Tips Sehat Menurunkan Berat Badan

Kendati begitu, makan beberapa jenis buah sekaligus bukannya dilarang sama sekali. Dikutip dari Times of India, berikut 4 hal yang harus diperhatikan jika ingin makan beberapa buah sekaligus.

1. Bangsa melon harus dimakan sendiri

Melon, semangka, dan buah sejenis lainnya harus dikonsumsi sendiri. Dengan kandungan air yang tinggi, buah jenis ini cenderung lebih cepat diolah tubuh daripada yang lain. Konsumsi bersama asupan lain dikhawatirkan mengganggu pengolahan buah.

2. Buah asam jangan dicampur manis

Riset menyatakan makan buah asam dan manis bersama berisiko meningkatkan kadar asam dalam tubuh (acidosis), mual, dan pusing. Buah dengan rasa asam sebaiknya jangan dikonsumsi bersama dengan yang manis. Buah dengan rasa asam misal anggur dan strawberry, sedangkan sub-acidic yang berada di antara asam dan manis adalah apel.

Baca juga: Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

3. Buah jangan dikonsumsi bersama sayur

Buah dan sayur diolah tubuh dengan cara yang berbeda. Buah cenderung lebih cepat diolah tubuh dibanding sayuran, dengan kandungan air dan gula yang tinggi. Makan buah dan sayur bersamaan berisiko meningkatkan produksi asam lambung, serta menimbulkan sensasi panas di dada. Dengan alasan yang sama, jeruk dan wortel sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan.

4. Buah dengan tepung dan protein tinggi dikonsumsi terpisah

Hanya buah tertentu yang mengandung tinggi karbohidrat misal pisang hijau. Buah ini sebaiknya jangan dikonsumsi bersama dengan yang tinggi protein. Hal serupa diterapkan pada sayur, karena buah mencernanya dengan cara berbeda. Tubuh perlu asam untuk mencerna protein, serta alkalin atau basa untuk mengolah karbohidrat.

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.