Makanan Ini Ternyata Dapat Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat

Makanan Ini Ternyata Dapat Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat

Kolestrol merupakan salah satu penyakit yang pada saat ini mulai banyak dikeluhkan oleh masyarakat di indoesia. Kolestrol jika tidak segera dikendalikan akan membuat si penderita terkena serangan stroke yang lebih parah dapat menyebabkan serangan jantung. Tetapi kalian tenang, kolestrol dapat diatasi dengan makan makanan sehat penurun kolesterol,

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi, ada baik nya kalian perlu ketahui bahwa kolesterol tidak selalu berdampak buruk bagi kesehatan. Kolestrol terbagi dua jenis terdapat dalam tubuh, pertama kolesterol LDL kolesterol inilah yang sangat berbahaya bagi tubuh, lalu selanjtnya ada kolesterol HDL ini merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat yang dalam tubuh. Normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg saja.

Jika kalian terlanjur mempunyai riwayat kolesterol tinggi maka ada baik nya jika kalian mulai menjaga dan mengatur pola makanan yang masuk ke dalam tubuh kalian dapat memulai dengan cara mengubah pola hidup dan terapkan selalu pola hidup sehat. Untuk itu artikel ini akan memberikan informasi tetang makanan sehat yang dapat menurunkan kolestrol jahat yang ada di tubuh kalian.
Berikut makanan dan minuman yang menurunkan kolesterol dan bisa bermanfaatkan untuk kalian agar tidak selalu mengkonsumsi obat.

1. Jus jeruk
Menurut penelitian menunjukkan bahwa jus jeruk berguna untuk memperbaiki keadaan lipid atau lemak dalam darah pada mereka yang memiliki riwayat kolesterol tinggi. Karena jeruk mengandung vitamin C, folat, dan flavonoid yang baik untuk mengtrol kadar lemak dalam tubuh.

2. The hijau
Teh hijau merupakan minuman sehat yang sangat terbukti bermanfaat untuk menyerap kolesterol jahat yang berada di saluran pencernaan dan mencegah penumpukan plak di pembuluh darah arteri.

3. Salmon
Ikan salmon kaya akan kandungan omega-3 yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan trigliserida serta dapat meningkatkan produksi kolesterol baik. Selain itu juga ikan salmon mengandung EPA dan DHA yang sangat bagus untuk kesehatan dan kerja jantung.

4. Oatmeal
Siapa sih yang tak tau dengan oatmeal ini. Kebanyakan orang suka mengonsumsi oatmeal sebagai sakah satu makanan utuk diet. Namun ternyata oatmeal juga termasuk salah satu makanan yang dapat menurunkankolesterol,
Oatmeal sangat baik untuk kesehatan karena didalam oatmel mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL pada tubuh. Serat pada oatmeal juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke aliran darah.

5. Coklat hitam
Ngemil dengan cokelat hitam dapat menjadi salah satu cara untu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sebab cokelat ini mengandung theobromine yang sangat berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat dan akan menambah kolesterol baik dalam tubuh.

6. Kacang kedelai
Bagi mereka yang menderita kolesterol tinggi disarankan untuk makan kacang kedelai. Karena kacang  ini mengandung asam lemak tak jenuh ganda, vitamin, mineral, dan serat berkualitas tinggi yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Minyak zaitun
Minyak zaitun merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Karena minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Kedua nutrisi ini bisa menurunkan kadar LDL dan dapat menaikkan kadar HDL.

8. Alpukat
Jika kalian sedang mencari buah untuk penurun kolesterol yang mudah ditemukan? Cobalah untuk membeli dan mengonsumsi buah alpukat.
Alpukat merupaka salah satu buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Karena alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik, sekaligus dpat menurunkan kadar kolesterol jahat. Alpukat juga mengandung beta-sistosterol, sejenis lemak nabati yang bermanfaat untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.
Tetapi harus diingat, alpukat juga cukup tinggi kadar kalori dan lemak. Setiap satu buah alpukat mengandung sekitar 300 kalori dan 30 gr lemak. Jadi, kalian boleh saja jika ingin makan buah alpukat asal dibatasi jumlahnya.

9. Jambu biji
mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi dan dapat melindungi sel-sel jantung dari radikal bebas. Tak hanya itu saja, buah jambu biji ini juga bisa kalian manfaatkan menjadi salah satu buah untuk menurunkan kaadar kolesterol.
Satu buah jambu biji kaya akan kalium dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah. Pada saat bersamaan, kandungan vitamin dan mineralnya juga dapat menaikkan kadar kolesterol baik untuk mencegah penyakit jantung.

10. Apel
Buah apel, terutama pada bagian kulitnya, mengandung pektin. Pektin adalah sejenis zat serat larut yang dapat membilas kolesterol jahat dalam tubuh. Pektin ini bekerja dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan yang kita konsumsi dan mengeluarkannya lewat urine atau pun feses.
Selain kaya akan serat, apel juga mengandung tinggi polifenol, yaitu sejenis antioksidan kuat dan dapat mengurangi peradangan. Dengan rutin makan apel, jantung akan menjadi lebih sehat dan akan terhindar dari risiko penyakit jantung.





Kolestrol merupakan salah satu penyakit yang pada saat ini mulai banyak dikeluhkan oleh masyarakat di indoesia. Kolestrol jika tidak segera dikendalikan akan membuat si penderita terkena serangan stroke yang lebih parah dapat menyebabkan serangan jantung. Tetapi kalian tenang, kolestrol dapat diatasi dengan makan makanan sehat penurun kolesterol,

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.